Senin, 04 November 2013

Logo Mirip Starbucks, Starbung Coffee di Thailand Dituntut 

 Di Pra Athit, Bangkok, Thailand, ada sebuah warung kopi kecil. Logo, warna, dan namanya mengingatkan kita akan jaringan kopi internasional Starbucks. Ternyata, warung bernama Starbung Coffee ini memang sedang berurusan hukum dengan Starbucks.

Jika dibandingkan, perbedaan logo Starbucks dan Starbung Coffee memang hanya sedikit. Gambar bintang di kanan dan kiri logo diganti dengan bulan-bintang.

Selain itu, gambar putri duyungnya diganti dengan gambar kakek berjanggut dan berserban. Tangan kanannya memegang gayung sambil menuangkan kopi, sementara tangan kirinya membentuk huruf V. Di dadanya tertulis 'halal' dalam aksara Arab.

Melihat kemiripan tersebut, Starbuckspun menuntut kakak beradik pemilik Starbung Coffee, Damrong dan Damras Maslae, karena melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual. Keduanya harus membayar 300.000 baht (Rp 107,6 juta).

Tak hanya itu, Starbucks juga meminta bunga tahunan sebesar 7,5% dan angsuran bulanan sebanyak 30.000 baht (Rp 10,7 juta) sampai Maslae mencopot logo Starbung. Menurut raksasa kedai kopi tersebut, kemiripan logonya bisa membuat pelanggan mengira bahwa mereka membeli kopi Starbucks, padahal tidak.

Akhir tahun lalu, Starbucks mengirimkan surat perintah penghentian (cease and desist) pemakaian logo Starbung kepada Maslae bersaudara. Kemudian, Starbucks mengajukan pengaduan pelanggaran hak dagang.

Minggu lalu, perusahaan ini melayangkan petisi ke pengadilan perdagangan internasional dan pusat kekayaan intelektual. Starbucks juga meminta Maslae bersaudara ditangkap.


http://images.detik.com/content/2013/10/24/294/starbungcoffeedalam.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar