Jumat, 22 November 2013

Wauaw....Langit di Norwegia Dipenuh Cahaya yang Sangat Indah


Kota Tromso dikenal sebagai gerbang arktik. Terletak di garis lintang utara 70 derajat, Tromsø memiliki kebudayaan kaya dan cantik yang membuatnya dijuluki "Paris di Utara". Wisatawan yang datang ke kota ini tidak akan hanya terpana melihat pusat sejarah dan kediaman patriotiknya, juga keajaiban alam, termasuk fenomena aurora borealis. 

Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat interaksi medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari. Di Bumi, aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan aurora borealis. 

Saat paling tepat melihat fenomena ini adalah setelah pukul 22.00 waktu setempat di pertengahan Oktober hingga pertengahan Maret. Lokasi yang ideal adalah di luar kota agar tidak terganggu cahaya lampu kota.  

Banyak sekali agen perjalanan yang menawarkan paket wisata untuk melihat fenomena aurora sekaligus memberikan lavvo atau tenda tradisional Norwegia, sambil menghangatkan diri dengan meminum coklat panas di pinggir api unggun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar