Minggu, 01 Desember 2013

Pohon Berumur 400 Tahun di Hong Kong ini Terpaksa Ditebang

Duh! Sebuah pohon beringin berusia 400 tahun di Hong Kong terpaksa harus ditebang. Gara-garanya, pohon tersebut terkena penyakit jamur yang dikhawatirkan bisa menyebar ke pohon-pohon lain di dekatnya.


Pohon tua tersebut berlokasi di jantung kota di Taman Kowloon. Sepertiga bagian pohon beringin tertua di Hong Kong itu, sebenarnya telah tumbang akibat topan pada tahun 2007. Namun ukuran pohon yang sangat besar itu masih terus memukau orang-orang yang melintas di dekatnya.

"Tak ada pohon beringin lain yang setua ini, juga tak ada yang sebesar ini," kata kepala departemen geografi Universitas Hong Kong, Jim Chi-yung kepada kantor berita AFP, Jumat (23/8/2013). Pohon tersebut telah ada sejak zaman Dinasti Qing.

Namun otoritas tak punya pilihan lain kecuali menebang pohon raksasa yang lebih dikenal sebagai "Raja Beringin" itu. Sebabnya, jika tidak ditebang, pohon tersebut bisa menularkan penyakit jamurnya ke pohon-pohon lain di sekitarnya.

"Pohon itu telah menjadi tempat penularan penyakit, kami tak ingin itu berdampak pada pohon-pohon lain di dekatnya atau di distrik tersebut," tutur Jim yang juga menjadi anggota panel pakar pemerintah yang memutuskan soal penebangan tersebut.

Menurut Jim, pohon tersebut hanya punya sedikit peluang untuk pulih. Karenanya, pohon itu akan ditebang pada September mendatang. "Ini gambaran yang sangat menyedihkan," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar