Selasa, 17 Desember 2013

Aneh dan Langka....Wanita Ini Lahirkan 10 Bayi Sekaligus



Anju Kushwaha, 28, tidak menyangka kehamilannya akan berujung bencana. Di minggu ke-12 kehamilannya, Anju, yang tinggal di provinsi Madhya Pradesh, India, tiba-tiba merasakan sakit perut yang amat sangat. Dia kemudian meminta bantuan suaminya, Sanjay, yang langsung memanggil ambulans untuk membawa istrinya ke rumah sakit. 

Sayang, kehamilan Anju tidak bisa dipertahankan. Di perjalanan menuju ke rumah sakit, yang berjarak 125 km, Anju keguguran. Namun, bukan hanya satu janin yang lolos dari rahimnya, melainkan sembilan. Ketika tiba di rumah sakit, dokter memeriksa Anju dan mengeluarkan satu janin terakhir di rahimnya. 

Dr SK Pathak, dokter Rumah Sakit Sanjay Ghandi Memorial, tempat Anju dirawat, mengatakan Anju mengalami fenomena yang sangat jarang, yakni kehamilan multijanin. “Dia melahirkan sembilan bayi di tengah perjalanan. Tim Obstetric dan NICU di rumah sakit kami membantu dia melahirkan bayi kesepuluh lewat operasi--semuanya bayi lahi mati di usia hampir 12 minggu,” terang Dr. Pathak kepada Times of India. 

Lebih lanjut, Dr. Pathak mengatakan kehamilan multijanin sebenarnya bukanlah hal yang langka. Namun mengandung hingga 10 bayi sekaligus adalah fenomena luar biasa. “Ini mirip seperti kehamilan ganda atau kembar. Tapi mengandung hingga sepuluh janin dalam satu kali kehamilan bisa berbahaya bagi ibu dan seluruh janin yang dikandung,” katanya. 

Kehamilan multijanin, ungkap Dr. Pathak, terjadi karena rahim ibu dalam keadaan yang sangat subur. “Ini bisa terjadi jika si ibu tengah dalam terapi hormon kesuburan yang memicu rahim untuk terus menerus memproduksi sel telur,” jelasnya. 

Anju, dikatakan Dr. Pathak, memang tengah dalam perawatan kesuburan untuk memicu kehamilan. Dia melakukan serangkaian terapi hormon, serta penanaman embrio, namun belum berhasil. Ketika didiagnosa hamil, Anju dan Sanjay, sayangnya tidak melakukan pemeriksaan lebih lanjut. “Padahal, jika kondisi kehamilan multijanin ini diketahui lebih awal, kami bisa menyelamatkan bayi-bayi mereka,” tutur Dr. Pathak.

Kendati demikian, Anju kini ditahbiskan sebagai wanita yang mengandung janin terbanyak di India dan kedua terbanyak di dunia. Sebelumnya, tahun 1971, seorang dokter di Roma, membantu kelahiran 15 bayi dalam satu rahim. Sayangnya, tidak ada dari janin tersebut yang selamat.  (eh)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar