Minggu, 01 Desember 2013

Inilah Foto Pertama Bumi Dipotret dari Bulan

Bumi pernah dipotret oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika (NASA) dari wilayah sekitar Bulan pada 23 Agustus 1966, namun sayangnya NASA tak mengungkapkan pada publik foto tersebut. Namun kini NASA merilis foto itu dalam rangka memperingati pemotretan Bumi dari Bulan yang dilakukan 47 tahun silam.


Dalam foto tersebut, sebagaimana dilansir dari Softpedia, Sabtu (24/8/2013), Bumi terlihat hanya berwarna abu-abu, hitam, dan putih. Sama sekali tak ada warna biru dari air laut ataupun hijau dari pepohonan Bumi. Bentuk Bumi yang difoto dari Bulan itu juga seperti Bulan dalam fase hari ke 18 atau 20. Telah melewati bentuk separuh, dan hampir membentuk sabit sempurna.

Hal ini bisa dijadikan perumpamaan jika ada orang yang tinggal di Bulan, mereka akan melihat bentuk Bumi memiliki fase yang sama seperti Bulan, yakni bulan baru, bulan sabit, bulan separuh, dan bulan penuh.

Foto ini sendiri diambil dari wilayah Bulan posisi United Sates Lunar Orbiter I. Lebih tepatnya saat pesawat luar angkasa berada di orbit 16, ketika melewati Bulan di bagian belakang. Foto yang dirilis baru-baru ini memiliki kualitas yang lebih bagus dan lebih memukau.

Foto tersebut merupakan bagian dari saksi sejarah saat misi luar angkasa untuk mendaratkan orang di Bulan dianggap hal yang mustahil di masa silam.
(amr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar